Pusat Layanan LPG Berbasis Online. Diberdayakan oleh Blogger.

Sabtu, 24 November 2012

Bunyi Mendesis Pada Pemakaian Gas LPG dan cara mengatasinya

Bunyi mendesis atau oleh sebagian masyarakat disebut ngowos, ngocos, dan sebagainya biasanya adalah pertanda keluarnya gas dari dalam tabung karena karet seal atau karet shield tabung gas tak mampu menahan gas. Penyebabnya ada beberapa kemungkinan, di antaranya ;
Karet tabung gas
Karet Seal Tabung Gas Elpiji
 1. Karet Seal Tabung Gas atau karet shield tabung gas yang sudah aus atau terlalu tipis bahkan rusak semisal sobek dan sebagainya. Untuk mengatasinya cukup ganti karet seal tabung dengan karet yang baru.
2. Regulator yang sudah dol atau longgar mungkin karena sudah aus atau tidak cocok dengan spinol tabung gas. Untuk penanganan ini cukup ganti regulator anda dengan yang baru, pastikan anda sudah mengganti karet shield nya terlebih dahulu untuk memastikan masalah bukan dari karet shield tabung.
3. Karena kebocoran instalasi, baik dari kebocoran instalasi maupun karena masalah karet shield biasanya bisa dideteksi dari terciumnya bau gas elpiji yang khas serta jika didengarkan secara seksama ada bunyi mendesis bahkan pada beberapa kasus bunyi ini cukup nyaring.

Jika anda mengalami masalah atau gangguan pada saat menggunakan gas elpiji jangan panik dan ingat selalu prosedur atau langkah antisipasi bahaya kebakaran akibat gas lpg yaitu dengan melepas regulator secepatnya dan mengamankan tabung dengan membawanya ketempat terbuka. Pastikan jendala dan ventilasi berfungsi agar gas tidak menumpuk di dalam ruangan, jangan menyalakan api atau instalasi listrik untuk sementara. Jangan terlalu lama menghirup gas di dalam ruangan karena dapat membahayakan kesehatan.

0 komentar:

  © LPG Service Layanan Pengguna Gas Elpiji Kalimantan Selatan berbasis online

Back to TOP