Pusat Layanan LPG Berbasis Online. Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 10 April 2012

Tips Perawatan Kompor Gas

Cara servis kompor gas sebenarnya tidaklah terlalu sulit, namun meskipun anda sudah bisa mengerjakan sendiri  berhati-hati tidak ada salahnya. Sebab umumnya bahan kompor gas adalah besi  atau aluminium tipis yang mudah melukai. Jika tidak hati-hati anda bisa mengalami luka-luka gores tanpa disadari. Untuk itu marilah percayakan tugas servis kompor gas anda kepada ahlinya yaitu teknisi-teknisi ataupun tukang servis yang sudah  mahir. Tentunya jika anda sudah menggunakan instalasi (Regulator dan selang) merek Biogaz anda tidak perlu repot-repot melakukan servis kompor cukup telpon petugas atau kantor layanan maka kompor gas anda beres.

Nah Buat anda yang belum menggunakan regulator dan selang biogaz berikut tips-tips sederhana merawat kompor dan instalasi gas anda.
1. Cek secara berkala Instalasi Gas anda, periksalah selang apakah ada tanda-tanda mulai retak-retak atau tidak, cek selang di bagian belakang kompor yang terhubung dengan pipa karena bagian ini biasanya yang paling jarang di liat pastikan selang masih bagus dan tidak terjadi penipisan ataupun retak-retak ingat bahwa instalasi adalah bagian yang paling riskan.
2. Biasakan untuk tidak membiarkan wajan atau panci diatas kompor gas setelah memasak atau menggoreng karena kerak-kerak dari panci atau wajan dapat  jatuh dan menyumbat saluran gas
3. Bersihkan bodi kompor setiap kali selesai menggunakan dengan menggunakan lap kering atau tisu
4. Servis kompor anda 3-4 bulan sekali, pakailah jasa servis kompor gas panggilan yang bisa anda percaya karena selain anda bisa mengawasi, jasa panggilan juga efesien waktu (biasanya cuma hitungan menit), sebab umumnya jika anda mengantar ke tukang servis maka perlu waktu beberapa hari karena menunggu antrian servis.
5. Jangan meletakan panci atau wajan besar atau beban berat tanpa alat bantu karena penyangga tungku kompor gas biasanya tidak terlalu kuat menahan beban berat.
6. Hindarkan burner/tungku dari  tumpahan air atau minyak goreng sebab dapat mempengaruhi kualitas api
7. Jangan meletakan kompor gas terlalu dekat dengan tabung
8. Hindari penggunaan kompor gas terus menerus dalam jangka waktu lama terutama jika anda masih menggunakan instalasi selang yang masih satu lapis karena pipa kompor yang terlalu panas dapat menyebabkan melelehnya selang gas.
9. Jangan biarkan anak-anak menggunakan kompor gas sendirian tanpa di awasi
10. Perawatan yang benar dan rutin terhadap kompor gas anda adalah salah satu upaya menghindarkan keluarga anda dari hal-hal yang tidak di inginkan. Jadi jangan tunggu kompor anda bermasalah..

0 komentar:

  © LPG Service Layanan Pengguna Gas Elpiji Kalimantan Selatan berbasis online

Back to TOP